Sumber: http://cyiberart.blogspot.com/2012/11/bikin-background-sama-mouse-random-yuks.html#ixzz2EqoS3PQ5 Budaya Indonesia: 13 warisan budaya indonesia yang di akui UNESCO

Selasa, 11 Desember 2012

13 warisan budaya indonesia yang di akui UNESCO

     Pada Selasa (2/10/2012), Indonesia memperingati hari batik nasional sebagai warisan budaya. Ya, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang paling kaya budaya. Bagaimana tidak, beragam suku bangsa tumbuh dan berkembang di Tanah Air.

Beberapa keunikan budaya yang menjadi ciri khas satu daerah bahkan dicatatkan di Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO). Dari 13 warisan budaya itu, batik jadi satu kekhasan yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

Sayang, di Indonesia sendiri batik sempat dipandang sebelah mata. Batik malah dianggap pakaian formil yang hanya bisa dipakai di acara tertentu dan tidak bisa digunakan sehari-hari.

Tapi itu dulu. Sejak diakui UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu, kini batik malah menjadi pakai wajib para karyawan di tiap hari Jumat. Bahkan fenomena batik mengalahkan jas-jas mahal kelas wahid. Bahkan batik untuk anak-anak pun kini sudah tersedia.

Tahun ini batik memperingati hari jadinya yang ke tiga. Di tahun ini pula, semua orang sangat menggemari batik dan bisa dipakai di kesempatan apapun.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Pangestu menyambut baik semangat masyarakat Indonesia yang terus membudayakan batik yang telah ditetapkan  UNESCO pada 2010 sebagai warisan budaya bangsa asal Indonesia.

"Batik ini kerajinan dan di hampir semua negara kerajinan memang dihargai. Jadi kita harus menghargai hasil karya anak bangsa," katanya. Batik , lanjut  Mari Pangestu harus terus didorong untuk menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di Indonesia sekaligus menjadi wadah untuk menghidupkan sektor ekonomi kreatif di tanah air.

Berikut 13 warisan budaya Indonesia yang dikelompokkan dalam tiga kategori yakni warisan alam, cagar alam atau situs, dan karya tak benda.

1. Warisan alam, yaitu:
-Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, yang diakui pada tahun 1991
-Taman Nasional Komodo, di Nusa Tenggara Timur, yang diakui pada tahun 1991
-Taman Nasional Lorentz di Papua yang diakui tahun 1999
-Hutan tropis Sumatera yang mencakup Taman Nasional Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan, yang diakui tahun 2004.

2. Warisan berupa bangunan cagar alam
-Dua candi terbesar di Pulau Jawa yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan dicatat oleh UNESCO di tahun 1991
-Situs Manusia Purba Sangiran, tahun 2004

3. Warisan budaya tak benda
- Wayang, tahun 2003
- Keris, tahun 2005
- Batik, tahun 2009
- Angklung, tahun 2010
- Tari Saman, tahun 2011 lalu
- Subak di Bali, Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar